Selasa, 12 Februari 2013

UNTUKMU PENDIDIKAN INDONESIA !!!



UNTUKMU PENDIDIKAN INDONESIA !!!

I
ndonesia negeri yang teramat potensial dalam berbagai bidang-bidang yang menunjang kehidupan manusia. Sebagai Negara kepulauan yang cukup luas, Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting demi keberlangsungan pembangunan berskala nasional maupun intenasional.
Pada hakekatnya pendidikan dalam konteks pembangunan nasional mempunyai fungsi sebagai pemersatu bangsa,  penyamaan kesempatan meraih pendidikan, dan pengembangan potensi diri. Pendidikan diharapkan dapat memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi kesempatan yang sama bagi setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan, dan memungkinkan setiap warga Negara untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal.
Visi pendidikan nasional seperti halnya yang termaktub dalam UU Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) adalah mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
Mengingat akan pentingnya pendidikan dalam rangka menunjang segala aktivitas manusia, maka telah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap warga Negara untuk berperan aktif dalam rangka penyelenggarakan sebuah pendidikan yang bermutu dan berkarakter. Begitu pula apabila kita lihat dalam konteks kaum intelektual yang memperoleh pendidikan, mengutip perkataan Anies Baswedan “mendidik adalah tugas orang-orang terdidik”.
Bermula dari perkataan singkat yang bermakna lugas, pada akhirnya menggugah semangat pemuda dan kaum intelektualis di kampus penulis, sebagai kampus pendidikan dan kampus perjuangan untuk kemudian memberikan sumbangsih lebih untuk pendidikan di Indonesia yang merata untuk semua kalangan baik tingkat ekonomi tinggi terlebih bagi masyarakat yang tergolong kepada masyarakat yang memiliki ekonomi yang layak dibantu.
Sebuah program yang dicanangkan Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Universitas maupun tingkat fakultas untuk pemerataan pendidikan di lingkungan Kota metropolitan seperti Jakarta khusunya. Sebuah program yang diberi nama Community Development (comdev) yang berbentuk rumah belajar untuk anak-anak jalanan dan anak kurang mampu yang berada di empat daerah di Kota Jakarta Timur seperti daerah Pedongkelan, Sunan giri, kampong bali dan daerah velodrome.
Community development berawal dari semangat mahasiswa UNJ untuk  melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tergerak untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Melalui program ini, mahasiswa UNJ mencoba meningkatkan taraf hidup masyarakat salah satunya melalui pendidikan. Melalui program ini juga kami berusaha untuk memfasilitasi segala keperluan pesertadidik dalam hal pembelajaran. Sehingga diharapkan melalui program ini mereka dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dan membentuk mentalitas dan penanaman nilai sekaligus moral yang baik untuk anak-anak jalanan khususnya mereka yang tidak memperoleh pendidikan secara formal dari bangku sekolah.
Melalui program pembinaan terhadap masyarakat yang tidak dapat memperoleh pendidikan secara formal ini, meskipun dalam bentuk yang tidak seberapa besar harapan bahwasannya pengupayaan pemerataan pendidikan yang bermutu bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dapat terlaksana dengan berkelanjutan dan tujuan pendidikan dalam UUD 1945 mencerdaskan kehidupan bangsa.
Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh masyarakat terlebih pemuda dan atau mahasiswa dalam membangun pendidikan yang bermutu dan berkualitas untuk negeri adalah sebuah tugas proyek besar dalam perjuangan untuk kemajuan pembangunan bangsa. Seperti kekata sang negarawan John F Kennedy “jangan pernah menanyakan apa yang telah Negara berikan untukmu, tapi pertanyakanlah apa yang telah kau berikan untuk Negara ?”, lakukanlah apa yang hari ini bisa dan sanggup kita lakukan untuk pendidikan di tanah air tercinta ini Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar