Jumat, 03 Mei 2013

REPORT 5 BAURAN PEMASARAN

alhamdulillah setelah beberapa pertemuan saya lupa password blog,padahal setiap pekan selalu bikin report pertemuan, seperti halnya report ini dibuat pada hari rabu 11 april 2013, semoga esensi dari belajarnya pun kemudian tidak hilang.. Universitas Negeri Jakarta. Senin, 8 April 2013 ruang perkuliahan DS. 307. Perkuliahan berjalan dengan presentasi pemaparan kelompok 2 pemaparan pada hariini tenrkit dengan Bauran Pemasaran Jasa. Materi ini masih Berkaitan dengan pembahasan pekan lalu tentang positioning, bauran pemasaran merupakan alat yang kemudian dikembangkan dengan baik yang dipakai sebagai struktur oleh pemasar atau pemilik perusahaan dalam menetapkanstrategy pasar. Dalam bauran pemasaran terdapat 4 (empat) unsur yaitu product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Dalam konsep manajemen pemasaran jasa sering disebut sebagai istilah 4P. Product (produk) Jasa merupakan rangkaian pemuasan nilai yang kompleks, orang membeli jasa untuk memecahkan masalah dan mereka melekatkan nilai pada jasa-jasa dalam kaitannya dengan kemampuan jasa yang dipersepsikan untuk memecahkan masalah. Ada empat level penawaran produk jasa yaitu: Pertama, produk inti atau generik yang merupakan produk jasa dasar yang harus dipenuhi. Kedua, produk yang diharapkan yaitu kondisi pembelian minimal yang perlu dipenuhi. Ketiga, produk yang diperluas yaitu memungkinkan suatu produk dibedakan dari yang lain dan mampu memberikan nilai lebih untuk pelanggan. Keempat, produk potensial, yaitu seluruh sifat dan manfaat tambahan potensial yang memang atau mungkin merupakan utilitas bagi pembeli. Price (harga). Dalam bauran pemasaran diperlukan penetapan harga sesuai dengan harga pasaran. Harga dalam bisnis juga merupakan betuk perseps nilai atau kualitas produk barang atau jasa. Tujuan penetapan harga diantaranya adalah untuk kelangsungan hidup, untuk memaksimalkan keuntungan, memaksimalkan penjuala, untuk gengsi (prestise), sebagai ROI (Return on Investment) atau pengembalian investasi dalam artian mencapai keuntungan. Place (tempat). Lokasi temoat juga merupakan salah satu unsure dalam bauran pemasaran. Pemilihan lokasi ditentukan dengan pertimbangan beberapa alasan, seperti halnya keterjangkauan, atau dipertimbangkan dengan kondisi geografis atau demografis (kependudukan) tempat yang dipilih. Hal ini penting dilakukan karena lokasi merupakan cara menyampaikan jasa pada pelanggan. Promotion (promosi). Unsur promosi dalam bauran pemasaran jasa membentuk peranan penting dalam membantu mengkomunikasikan positioning jasa kepada para pelanggan. Promosi merupaka bentuk dari komuniasi pemasaran, oleh karena itulah promosi menjadi bagian penting dalam baura pemasaran jasa terutama. Bentuk dari promosi mencakup Periklanan, Penjualan personal, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat, Word of mouth yaitu penyampaian jasa dan mengkomunikasikan kepada pelanggan dengan rekomendasi personal, dan Pos langsung (direct mail) yaitu melalui surat atau pos. Pengembangan unsure bauran pemasaran menjadi hal yang cukup penting agar kemudian strategy pasar dapat berhasil secara umum. Ada tiga jenis interaksi antar unsur-unsur bauran pemasaran yaitu: (1) Konsistensi, di mana ada kesesuaian yang logis dan bermanfaat antara dua atau lebih unsur bauran pemasaran, (2) Integrasi, yang menyangkut interaksi harmonis aktif antar unsur-unsur bauran, (3) Leverage, yang mencakup pendekatan yang lebih canggih dan berkaitan dengan setiap unsur sebaik mungkin untuk mendukung semua bauran pemasaran.

0 komentar:

Posting Komentar