Senin, 04 Maret 2013

ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN

REPORT 2 Universitas Negeri Jakarta, senin 25 Februari 2013. Seperti biasa dimulai dengan jadwal setiap minggunya. Perkuliahan dimulai pukul 08.30 sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama antara mahasiswa manajemen pendidikan 2011 dengan dosen pak Amril Muhammad. Dalam kuliah manajemen pemasaran jasa pendidikan pertemuan ke-3 ini membahas bahasan materi terkait dengan analisis lingkungan pemasaran. Dalam konsep manajemen pemasaran hal yang kemudian harus diperhatikan adalah lingkungan pemasaran. Lingkungan pemasaran adalah salah satu hal terpenting yang menjadi ujung tombak pemasaran. Pemilihan lingkungan yang tepat dan strategis menjadi salah satu kunci keberhasilan pemasaran jasa pendidikan. Lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua bagian, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Dalam hal ini lingkungan pemasaran disesuaikan atau dipilih sesuai dengan keadaan. Lingkungan pasar jasa pendidikan pun berkaitan dengan Demographic (kependudukan atau kondisi penduduk), economic (keadaan ekonomi), natural (kondisi alam atau geografis), technological (technology), political (politik), and cultural forces (kekuatan kebudayaan). Berikut akan dijabarkan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lingkungan pemasaran jasa pendidikan makro. 1. Demographic environment (density, location, age, genders, race, dan occupation). Demographi, kepadatan kependudukan atau keadaan penduduk, usia penduduk, jenis kelamin serta pekerjaan merupakan faktor-faktor yang sangat mempengaruhi pemilihan lingkungan pasar. 2. Economic Environmet Pasar memebutuhkan daya beli masyarakat seperti halnya orang banyak. Daya beli keseluruha merupakan fungsi dari pendapata saat itu, harga, tabungan dan kredit yang tersedia.dalam lingkungan ekonomi, hal-hal tersebut menjadi kecenderungan dalam mempertimbangkan lingkungan pasar. 3. Natural environment Merupakan salah satu faktor pengaruh yang menjadi pertimbangan pemilihan sekalihgus penentuan lingkungan pemasaran. Natural environment menyangkut lingkungan secara fisiik. 4. Technology environment Teknologi merupakan hasil karya cipta manusia untuk memepermudah pekerjaan. Dalam pemilihan lingkungan pemasaran, lingkungan teknologi juga memepengaruhi pebisnis dalam memilih lingkungan pemasaran jasa.

0 komentar:

Posting Komentar