Jumat, 03 Mei 2013

MERK DAGANG DAN KONSEP NILAI

Universitas Negeri Jakarta. Senin, di ruang 307. Pagi, pertemuan ke .. mata kuliah manajemen pemasaran jasa, perkuliahan dimulai dengan pemaparan oleh kelompok dengan materi terkait Merk Dagang dan Konsep Nilai dalam Pemasaran Jasa Pendidikan. Terkadang timbul dalam benak sebersit pertanyaan terkait merk dagang. Dalam kehidupan sehari-hari merk dagang menjadi salah satu hal yang kemudian sangat khas dengan produk, terbayang merk air mineral seperti halnya aqua, vit, dll. Atau merk shampo yang terkenal seperti halnya pantene, clear, atau lain sebagainya. Dalam konsep pemasaran jasa atau produk merk lah yang kemudian bentuk wujud cirri khas produk. Itulah alasan yang menjadi urgensi pentingnya merkterhadap produk. Apabila kita bayangkan, suatu produk tanpa merk dagang yang kemudian dengan kualitas yang berbada satu sama lainnya, alhasil kebingnganlah yang menjadi pelaggan atau konsumen membedakannya. Dengan adanya merk dagang konsumen akan dengan mudah mengenali dan membedakan cirri khas produk satu dengan yang lainnya. Merk dagang merupakan tanda atau identitas suatu produk. Sebuah perusahaan baik jasa atau dagang pasti memiliki maksud serta tujuan berkaitan dengan strategy atas keputusan nama yang cocok untuk produknya. Coba apabila kita perhatikan beberapa contoh produk seperti alat elektronik, nama merk yang sama dan diambil untuk keseluruhan produk seperti Toshiba, Samsung, atau sony. Memiliki nama keseluruhan, namun produk yang dihasilkan berbeda. Atau nama yang berbeda untuk setiap produk namun masih dalam satu kesatuan perusahaannya seperti nama PT. unilever mengeluarkan berbagai produk dengan nama merk yang berbeda seperti pond’s, sunsilk, pepsodent, citra, clear, dll. Kualiatas sebuah merk kemudian dapat dinilai dari beberapa aspek yaitu menyatakan tentang manfaat serta kegunaan produk, mudah diingat, dikenal atau dilafalkan, dan harus berbeda dengan produk pesaing lainnya serta hendaknya menyatakan kualitas produk Sebuah merk dagang memilik fungsi sebagai tanda identitas pengenal untuk menjadi pembeda yang membedakan hasil produksi dari yang lain, selain itu merk dagang juga digunakan sebagai alat untuk promosi sehingga mempromosikan hasil produksi.

0 komentar:

Posting Komentar