Sabtu, 04 Mei 2013

PENETAPAN KEBIJAKAN HARGA JUAL

Reportase Universitas Negeri Jakarta, 29 April 2013 ruang 307 perkuliahan manajemen pemasaran jasa, dibimbing langsung oleh Bapak Amril Muhammad,SE.,M.Pd. perkuliahan diawali dengan paparan kelompok. materi pertemuan kali ini terkait “Kebijakan Harga Jual”. Dalam manajemen pemasaran jasa, harga merupakan salah satu kompponen penting, harga merupakan nilai yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai ganti dari biaya produksi, harga jual ditetapkn oleh perusahaan yang berkaitan dengan ditetapkan oleh pimpinan tertinggi perusahaan, dalam hal ini adalah manager. Berikut akan dipaparkan terkait faktor yang berkaitan dengan penentuan harga produk, yaitu: (1) permintaan pasar terhadap produk yang bersangkutan, permintaan pasar dan strategy posisi disini berperan dalam permintaan pasar terhadap produk. Jika produk dipasaran memiliki permintaan yang banyak, maka harga pun turut memperngaruhi. (2) pemilihan strategi penetapan harga produk, strategy penetapan produk sangat berpengaruh pula dalam menunjang pemasaran. (3) pesaing, kondisi persaingan dalam dunia bisnis seringkali mempengaruhi perusahaan dalam menetapkan kebijakan penetapa harga produk. (4) target pasar, sesuai dengan yang telah dijelaskan pada reportase yang lalu terkait dengan positioning, segmentasi serta bauran pemasaran, target pasar sangat berpengaruh dalam pemetaan penetapan atau estimasi harga yang mampu dibayarkan oleh konsumen dalam segmen tertentu. Penetapan harga, pada perusahaan selayaknya mampu memenuhi beberapa aspek yang kemudian harus dipertimbangkan antara produk dengan harga pasar. Berikut merupakan aspek yang berkaitan, diantaranya: (1) harga selayaknya menjadi cermina mutu produk, (2) harga sejatinya pula mampu bersaing dengan produk sejenis, (3) harga produk juga menyesuaika dengan segmen pasar yang ada, (4) kebijakan pemerintah terkait penetapan harga dalam kementerian perdagangan selayaknya layak utuk dipertimbangkan lebih matang.

0 komentar:

Posting Komentar