Jumat, 03 Mei 2013

Saluran pemasaran

REPORTASE Saluran pemasaran Senin, 15 April 2013. Seperti biasanya senin pagi kelas dimulai pukul 08.30. Paparan dari kelompok 5 yang beranggotakan Novita, Azziz, sari puspita, nurlaillia, dan ka ella. Kali ini paparan kelompok terkait dengan saluran pemasaran. Saluran pemasaran merupakan rangkaian dari proses manajemen pemasaran, pemasaran jasa khususnya. Dalam proses saluran pemasaran jasa, terdapat konflik saluran pemasaran. Konflik saluran terdapat dua jnis konflik yaitu, konflik saluran pemsaran horizontal, merupakan bentuk konflik yang terjadi antar perusaahaan dalam lemaga yang sama, sedangkan konflik saluran pemasaran vertical, yaitu bentuk konflik yang terjadi antar perusahaan dalam lembaga yang berbeda karena adanya Kontrak atau keterikatan. Dalam saluran pemasaran pun terdapat macam-macam bentuk yang sering disebut sebagai Vertkal marketing sistem, diantaranya adalah Korporat (pemimpi tunggal), Kontraktual (terikat/kerjasama), Teradministrasi. Faktor yang mempeungaruhi saluran pemasaran, adalah Pasar (kondisi pasar secara umum), Produk (jumlah barang atau produk), Produsen. Alasan adanya saluran pemasaran, adalah sebagai berikut: 1. Focus pada produksi (menyediakan) 2. Jagkauan yang luas 3. Efisinsi biaya 4. Prestise (nilai) Begitupula dalam hal pemasaran Jasa pendidikan, Lokasi (aksesibilitas, prestise lokasi) mempengaruhi harga. Namun pada dasarnya saluran pemasaran selalu mempertimbangkan aspek atau prinsip efektif dan efisien dalam kegiatannya.

0 komentar:

Posting Komentar