Kamis, 09 Mei 2013

PROMOSI JASA PENDIDIKAN

RREPORTASE Universitas Negeri Jakarta, Senin 6 April 2013. Tak seperti biasanya seni pagi, perkuliahan pada kali ini tidak dibimbing langsung oleh dosen pengampu Mata Kuliah Manajemen Pemasaran, beliau tidak hadir dikarenakan adanya keperluan yang tidak dapat ditinggalkan. Namun perkuliahan tetap berjalan dengan pemaparan dari pemateri. Materi yang dibahas dalam pertemuan ini terkait dengan promosi jasa pendidikan. Bicara terkait pemasaran, seprti halnya telah disinggung dalam beberapa pertemuan sebelumnya, seperti bahasan bauran pemasaran dan lain-lain. Promosi dalam pemasaran adalah bentuk usaha komunikasi dari produsen kepada pelanggan atau konsumen. Bagaikan siklus yang terus berputar, dalam proses bisnis dan pemasaran produk atau jasa, promosi menjadi hal yang memiliki urgensi yang sangat menentukan jalannya siklus serta tidak dapat dipisahkan dalam pemasaran. Promosi secara umum selain bertujuan untuk menkomunikasikan hasil produk atau jasa tetapi juga mendorong penjualan produk atau jasa. Promosi sering digunakan dalam pemasaran biasanya berbentuk iklan dalam media cetak (Koran, tabloid, atau majalah) atau media elektronik (tivi, ataupun internet). Dalam pemasaran jasa, jasa pendidikan khususnya proses promosi merupakan proses yang teramat penting. Promosi jasa yang kreatif dan memiliki daya tarik menjadi salah satu faktor pengaruh berkembangnya pemasaran jasa yang bersangkutan. Ada beberapa faktor yang kemudian mempengaruhi perkembangan cepat atau lambatnya promosi jasa, diantaranya adalah (1) keadaan internal dalam lembaga atau instansi pendidikan tersebut. Keadaan lembaga menjadi penting dalam promosi keadaan keuangan atau modal, atau bahkan stabilitas kekuasaan. (2) keadaaan eksternal, semakin banyak competitor atau persaingan dengan merk atau metode yang sama dan tidak terlalu diferensial sagat mempengaruhi promosi. Maka dari itulah kemudian lembaga pendidikan dituntut untuk selalu membuat inovasi perkembangan cabang ilmu pendidikan dengan metode yang baru dan belum dimiliki oleh instansi lainnya. (3) batasan hukum, media atau kebiajakan pemerintahan turut berpengaruh terhadap perkembangan promosi jasa pendidikan. Pada dasarnya promosi memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek, tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan hubungan kinerja atau kerjasama antara pelanggan atau konsumen dengan pengelola. Perkuliahan pada hari senin ditutup dengan diskusi kecil dalam kelas terkait beberapa aspek yang kemudian layak dipertimbangkan dalam promosi jasa pendidikan khususnya seperti halnya visi dan misi lembaga pendidikan, fasilitas, keuntungan atau kelebihan lain yang diperoleh dan belum dimiliki oleh lembaga pendidikan sejenis lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar